Strategi memulai usaha kursus komputer

Sudah kita ketahui bersama apapun usaha yang kita lakukan strategi adalah hal yang penting dengan mengetahui strategi yang akan dijalanka... thumbnail 1 summary
Strategi memulai usaha kursus komputer
Sudah kita ketahui bersama apapun usaha yang kita lakukan strategi adalah hal yang penting dengan mengetahui strategi yang akan dijalankan diharapkan nantinya peluang usaha yang kita dapatkan akan lebih cepat mencapai kesuksesan dan tidak terlalu banyak mengalami kegagalan. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang strategi memulai usaha kursus computer tentunya dalam persiapan menjalankan usaha kursus berbeda dengan usaha konvensional lainnya karena untuk menjalankan usaha kursus komputer kita harus memiliki perizinan dari lembaga yang terkait dan juga hal lainnya yang akan dijelaskan dalam artikel ini. 

1. Perizinan
Dalam mendirikan lembaga computer kita harus memiliki ijin dari lembaga pendidikan luar sekolah tetapi jangan khawatir untuk pertama kali memulai kita sambil berjalan saja dan jika usaha sudah mulai ramai sekitar satu sampai enam bula maka mulailah urus perizinan. Tetapi tetap untuk pertama kali memulai anda harus meminta ijin dari desa atau kecamatan agar nantinya lebih mudah untuk mengurus perizinan lain. Untuk syarat-syarat mengurus perizinan lembaga kursus akan saya bahas diartikel yang lain karena kebetulan saya dulu membeli pernah membeli buku tentang syarat-syarat lembaga kursus.

2. Skill pengetahuan
Skill pengetahuan disini adalah pengetahuan kita dalam hal penggunaan computer seperti aplikasi Microsoft word, excel, dan penggunaan computer / laptop yang saya yakin jika anda membaca artikel ini sudah sedikit banyak tau. Untuk memperdalam aplikasi office kita dapat membeli buku panduannya di toko buku dan kalau bisa carilah yang memiliki bonus CD pembelajaran yang nantinya bisa kita jadikan bahan ajar bagi calon peserta kursus. Untuk pertama menjalankan bisnis usaha kursus computer ini anda harus terjun langsung untuk menekan biaya oprasional tentunya. Jika modal cukup kita bisa membayar pegawai yang dianggap mampu memberikan pelajaran bisa itu teman, mahasiswa atau siapasaja yang anda pilih. 

3. Kurikulum pembelajaran
Setelah kita menentukan tenaga pengajar (sendiri atau membayar orang lain) maka langkah selanjutnya adalah menentukan kurikulum pembelajaran. Saya kutip dari Wikipedia
“Kurikulum adalah perangkat mata pelajaran dan program pendidikan yang diberikan oleh suatu lembaga penyelenggara pendidikan yang berisi rancangan pelajaran yang akan diberikan kepada peserta pelajaran dalam satu periode jenjang pendidikan. Penyusunan perangkat mata pelajaran ini disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan setiap jenjang pendidikan dalam penyelenggaraan pendidikan tersebut serta kebutuhan lapangan kerja.” 
Artinya adalah kita harus memperiapkan rancangan tahapan-tahapan pembelajaran yang akan diberikan kepada peserta kursus dan tentu harus ada batasan waktu yang kita tetapkan biasanya sekitar 3 Bulan dengan adanya kurikulum pembelajaran juga mempermudah kita dalam menyampaikan materi pembelajaran.

4. Peralatan Pendukung
Untuk membuka usaha kursus computer tentu kita harus mempunyai computer sebagai sarana belajar jika modal kita mempet bisa membeli computer / laptop second tetapi jika budget cukup saya sarankan memberi perangkat computer karena computer baru tentu memiliki umur yang lebih panjang dan tidak akan cepat rusak sehingga menekan ongkos perawatan. Berikut perkiraan dana awal untuk membuka kursus computer :
- 3 unit Kursi dan meja computer Total Rp.1.000.000
- 3 unit LCD/LED  16” total Rp.2.100.000
- 3 unit komputer second total Rp.3.000.000 atau komputer baru sekitar 1,8 jt untuk satu unit
- Mouse & keyboard total Rp.150.000 cukup yang murah
Uraian tersebut hanya secara garis besar dan dalam kenyataannya bisa lebih besar atau lebih murah tergantung lokasi anda berada dan untuk peralatan pendukung lainnya bisa memanfaatkan barang yang sudah kita miliki.

5. Target Peserta Kursus
Peserta kursus computer biasanya di dominasi anak anak sekolah dan kalangan muda yang sedang membutuhkan pekerjaan yang mengharuskan mereka bisa menggunakan computer karena itu kita harus sudah memiliki kurikulum untuk masing-masing tipe peserta. Untuk mendapatkan peserta kursus banyak hal yang bisa kita lakukan seperti memasang pamplet promosi lewat medsos daerah kita dan juga dari mulut kemulut. Untuk mendapatkan peserta dari anak-anak sekolah anda dapat memberikan gratis satu kali pembelajaran dan jika mereka suka dengan metode pembelajaran yang kita berikan tentu dengan senang hati akan mendaftar.

6. Lokasi Tempat kursus
Untuk lokasi usaha kursus computer sekarang ini menurut saya yang paling cocok adalah di daerah yang tidak terlalu pedesaan tetapi bukan kota besar karena untuk kota-kota besar biasanya mereka langsung belajar disekolah ataupun dirumah karena sudah memiliki laptop atau komputer tetapi untuk daerah pedesaan computer/laptop hanya dimiliki sebagian orang sehingga yang bisa menggunakan komputer masih sedikit hal ini adalah peluang usaha yang sangat baik yang bisa dimanfaatkan.

7. Biaya Kursus
Dalam menentukan biaya kursus kita harus memiliki patokan harga baik itu harga untuk kalangan pelajar atau untuk umum dan untuk pelajar berikan harga yang lebih murah supaya mereka nantinya mengajak teman-temannya untuk ikut kursus di tempat kita. Untuk metode pembayaran anda harus menentukan berapa biaya pendaftaran, dan juga pelunasannya harus bisa dicicil agar tidak memberatkan calon peserta.

Demikian beberapa strategi memulai usaha kursus computer yang bisa kita terapkan ingat dunia komputer dan informasi terus berkembang dan kita juga harus bisa mengikuti perkembangan itu untuk kemudian kita berikan informasi yang bermanfaat kepada peserta kursus.

Tidak ada komentar

Posting Komentar