Analisis Peluang Usaha Alat Tulis Kantor Yang masih menjanjikan.

Seperti kita ketahui dari waktu ke waktu kebutuhan akan perlengkapan alat tulis semakin banyak hal ini tidak mengherankan karena semakin ... thumbnail 1 summary
Analisis Peluang Usaha Alat Tulis Kantor
Seperti kita ketahui dari waktu ke waktu kebutuhan akan perlengkapan alat tulis semakin banyak hal ini tidak mengherankan karena semakin banyaknya orang yang membutuhkan peralatan tulis mulai kebutuhan perkantoran, instalasi pemerintahan, anak sekolah dan berbagai lingkungan lainnya oleh karena itu jika kita berencana membuka usaha alat tulis kantor (ATK) maka jangan hawatir karena usaha ini masih menjanjikan untuk digeluti. Tetapi tentu kita jangan asal terjun ke dalam bisnis ini tanpa persiapan disini saya akan bahas analisis peluang usaha alat tulis kantor dan persiapan apa saja yang bisa dilakukan dengan harapan agar nantinya peluang usaha yang kita pilih ini  mengalami perkembangan dan mendapatkan keuntungan.

Persiapan Sebelum memulai usaha
1. Lokasi 
Tidak dipungkiri dalam menjalankan usaha Alat tulis lokasi adalah salah satu hal yang menentukan dalam memulai usaha ini pastikan lokasi yang akan anda tempati / kontrak cukup dekat dengan tempat penddidikan seperti kampus, sekolah, ataupun perkantoran. Jangan terlalu memaksakan untuk menyewa lokasi di pusat kota karena selain biaya sewanya yang tinggi juga anda akan berhadapan dengan usaha lain yang modalnya lebih besar jadi jika kita baru mau memulainya harus bertahap.

2. Modal Awal 
Apapun jenis usaha tentulah memerlukan yang namanya modal khusus untuk usaha alat tulis kantor modal yang harus kita keluarkan sebenarnya berbanding dengan siapa target market kita jika target market kita pelajar dan penduduk pedesaan maka dengan modal 5 juta saja saya rasa sudah cukup mengapa demikian karena saya sendiri pernah terjun pada usaha ini dengan lokasi dekat sekolahan tetapi jika kita berniat untuk menjangkau target market yang lebih besar seperti masyarakat di suatu kota misalnya maka modal yang harus disiapkan tentunya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta.  

3. Stok Barang 
Berdasarkan pengalaman saya membuka usaha ATK untuk anak sekolah dan juga dari artikel yang saya baca di majalah memang benar bahwa untuk usaha ATK ini kita harus mengalokasikan sekitar 80% untuk membeli barang yang paling tinggi perputarannya. Berikut beberapa barang atk yang cepat perputarannya; Ballpoint, penggaris, penghapus, buku, pensil, kertas hvs sebenarnya hal ini tidaklah mutlak tergantung siapa pembeli terbanyak di took anda nantinya jika yang berbelanja kebanyakan anak sekolah tentu peralatan belajar yang akan laris dan paling cepat perputarannya tetapi jika pembeli anda kebanyakan adalh kantoran maka peralatan kantor yang perputarannya cepat seperti tinta, kertas dan peralatan kantor lainnya.

4. Suplier ATK
Dalam memulai usaha tentu kita harus membeli peralatan yang akan kita jual dan untuk mendapatkan barang yang harganya cukup murah anda bisa minta penawaran kepada beberapa toko ATK yang lebih besar yang bisa anda jangkau lokasinya lakukanlah pada beberapa toko atk besar dan kemudian anda bisa membandingkan harganya dan dengan bebragai pertimbangan kita tentu harus menentukan barang apa saja yang akan dibeli ditoko dangan harga yang paling murah tentunya dan ingat dalam segi kualitas peralatan ATK tidaklah terlalu berbeda jauh antara merek A dan merek B.

Jika persiapan yang saya uraikan dalam analisis peluang usaha alat tulis kantor sudah dilakukan maka langkah selanjutnya yang harus kita persiapkan adalah ketika kita sudah memulai usaha bagaimana cara dan strategi agar usaha yang kita rintis ini bisa maju dan mengahsilan keuntungan yang bermanfaat tentunya. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai strategi menjalankan usaha ATK :

1. Berikan pelayanan yang ramah
Usaha atk adalah salah satu jenis usaha yang margin keuntungan setiap barang tidaklah terlalu besar oleh karena itu agar pembeli terus melakukan repeat order salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan pelayanan yang ramah buatlah pembeli nyaman dengan pelayanan kita maka dengan ini diharapkan mereka akan kembali membeli peralatan tulisnya dari toko kita ingat jangan heran jika suatu waktu pembeli yang kita anggap biasa saja membeli dalam jumlah banyak untuk kebutuhan mereka contoh guru sd yang membeli banyak buku untuk hadiah kenaikan kelas di sekolahnya, karyawan perusahaan yang membeli banyak kertas untuk tender pengadaan alat tulis dn berbagai contoh lainnya. Jadi berikan pelayanan yang ramah karena kita tidak akan tau apa latar belakang pekerjaan pembeli kita dan siapatau suatu saat mereka membeli dalam jumlah yang besar.

2. Kenali calon pembeli potensial
Dalam menciptakan peluang usaha alat tulis kantor  tentu banyak hal yang bisa kita lakukan agan laba usaha semakin besar salah satunya adalah kita harus bisa mengenal dengan calon pembeli potensial kita berikut beberapa calon pembeli potensial yang akan terus membeli dalam jumlah yang banyak dan terus menerus:
- Guru, jika anda sudah mengenal guru suatu sekolah dan mereka merasa nyaman berbelanja di tempat kita ini adalah peluang yang bagus karena ingat sekolah selalu membutuhkan ballpoint untuk menulis di white board, tinta isi ulang, kertas hvs, dan berbagai kebutuhan sekolah lainnya semakin banyak guru yang anda kenal dari berbagai sekolah tentu peluang anda untuk menjual barang lebih banyak dan ini akan sangat bagus untuk prospek usaha kedepannya.
- Karyawan kantor, Berikan pelayanan yang ramah maka jika anda sudah kenal dengan karyawan kantor maka mereka tidak akan sungkan merekomendasikan pada kantor tempat mereka bekerja untuk memberi perlengkapan kantornya di toko kita seperti tinta printer, kertas hvs, dan berbagai perlengkapan kantor lainnya.
- Pegawai pemerintahan, Kita juga harus bisa kenal dengan pegawai pemerintahan contoh pegawai desa, pegawai dinas dll dalam hal ini pegawai pemerintahan akan membeli peralatan yang tidak berbeda dengan pegawai kantoran jadi berikan juga pelayanan yang ramah pada mereka.
Contoh Untuk memberikan penawaran jangan bingung langsung saja anda bilang “ bapak/ibu bisa membeli peralatan kantornya di kita nanti kita berikan harga khusus”. Ingat itu hanya contoh untuk proses dilapangan bisa anda sesuaikan dengan kondisi yang dihadapi intinya beritau mereka anda akan kasih harga yang cantik jika kantor/sekolah mereka membeli di toko kita.

Demikian analisis peluang usaha alat tulis kantor yang diuraikan secara garis besarnya saja dan untuk detailnya tentu menyesuaikan dengan target market dan kondisi di tempat usaha anda ingat bisnis ini tidak akan ada matinya selama masih ada kantoran dan pelajar dan jika kita baru terjun kedalam usaha alat tulis kantor tidak ada salahnya mencari reverensi lain dari internet dari buku atau kisah mereka yang telah sukse dalam usaha ini. Dalma menjalankan suatu usaha tentu ada proses yang harus kita lakukan agar usaha kita nantinya menjadi lebih besar dan menguntungkan maka dari itu kita nikmati prosesnya dan semoga kesuksesan menyertai kita semua. 

1 komentar