Peluang usaha di desa yang menguntungkan

Usaha bisa dilakukan dari mana saja baik itu dilakukan di kota besar kotak kecil pedesaan bahkan sampai di daerah kepulauan. Untuk menjal... thumbnail 1 summary
peluang usaha di desa
Usaha bisa dilakukan dari mana saja baik itu dilakukan di kota besar kotak kecil pedesaan bahkan sampai di daerah kepulauan. Untuk menjalankan suatu usaha tentu strategi yang harus dilakukannya berbeda gantung di mana kita membuka usaha tersebut strategi berjualan di kota besar tentu berbeda dengan strategi berjualan di pedesaan Hal ini disebabkan banyak faktor seperti jumlah uang, kelengkapan barang, kemudahan mendapatkan barang, transportasi dan berbagai cara lainnya. 
Sebenarnya peluang usaha di desa masih sangat banyak tergantung dari kejelian kita melihat peluang itu tapi yang harus diingat ada beberapa kekurangan jika kita menjalankan usaha di desa. Biasanya orang desa sering menghutang untuk mendapatkan barang hal ini karena pendapatan mereka rata-rata dari bidang pertanian dimana bidang pertanian itu tidak setiap hari bisa menghasilkan uang sedangkan kebutuhan yang harus mereka penuhi setiap hari oleh karena itu untuk mengatasi hal ini biasanya penduduk desa lebih sering dengan menghutang terlebih dahulu. 
Jadi jika kita memiliki modal yang pas-pasan untuk membuka usaha di pedesaan kita harus mempersiapkan dulu Bagaimana sistem pembayaran yang akan kita terima Apakah kita menerima yang yang berhutang, memberi jangka waktu 1 minggu atau tidak menerima yang mengutang sama sekali Jika anda sudah pemilih sistem pembayarannya langkah selanjutnya adalah memilih usaha yang cocok baik itu dengan modal yang besar maupun usaha dengan modal kecil. Kami Berikan beberapa jenis usaha di daerah pedesaan yang bisa anda lakukan.

1. Usaha Kredit Pakaian
Usaha kredit pakaian bisa dilakukan di daerah pedesaan dan dengan sistem kredit peluang terjualnya barang bisa lebih besar sistem kredit yang biasanya digunakan di pedesaan ada dua jenis :
- Kredit jangka waktu : jadi pembeli bisa melunasi barangnya dalam jangka waktu tertentu seperti  dua bulan, tiga bulan atau sesuai kesepakatan.
- Kredit cicilan : di desa kredit cicilan ini tidaklah baku berapa yang harus di cicil biasanya jika punya uang baru mereka melakukan pembayaran jadi pastikan mana sistem pembayaran yang akan anda gunakan nantinya.
Untuk pakaian yang laris biasanya adalah busana muslim, dan pakaian dewasa. Untuk berjualan anda bisa dengan berkeliling menggunakan sepeda motor atau juka sudah punya nama kita bisa langsung membuka usaha di rumah walaupun tidak memiliki toko tapi jika sudah dikenal maka pelanggan akan datang sendiri.

2. Warung Kelontongan
Membuka warung adalah peluang usaha di desa yang sangat menguntungkan kita bisa menjual berbagai perlengkapan dan kebutuhan masyarakat, seperti kebutuhan sehari-hari, rokok, sembako, dan berbagai barang kebutuhan lainnya. Sebagai permulaan beli lah barang yang perputarannya cepat hal ini berguna supaya modal anda cepat kembali dan bisa dibelikan barang lainnya. ingat tentukan sistem pembayaran jika ada yang menghutang hal ini penting agar usaha warung kelontongan bisa terus berjalan. 
Jika warung anda sudah cukup besar anda harus punya target untuk membuka tempat grosir hal ini agar usaha anda bisa lebih besar tidak usah hawatir jika usaha sudah dilakukan banyak penjual atau sales yang sistem pembayarannya dengan sistem tempo jadi anda bisa menjual produk terlebih dahulu dengan membayar dibelakang sesuai kesepakatan. Carilah distributo atau sales yang harganya murah karena harga jual barang di desa lebih tinggi hal ini karena ongkos transport yang harus kita keluarkan untuk membawa barang lebih besar.

3. Menjual pupuk dan pestisida
Penduduk desa identik dengan pekerjaan sebagai petani dan petani tentu membutuhkan popuk untuk tanaman yang mereka tanam agar lebih cepat pertumbuhannya. Untuk berjualan pupuk anda bisa langsung daftar kepada distributor yang ada di kota terdekat dengan lokasi anda jangan lupa uru perizinannya ke desa dan ke kecamatan. Dalam menjual pupuk tidak boleh asal menentukan harga karena harga eceran tertinggi sudah di tentukan oleh pemerintah kalau anda nakal bisa-bisa berurusan dengan polisi :D. 
biasanya keuntungan pupuk berkisar sekitar sepuluh ribu perkarung jadi anda sudah bisa menaksir kira-kira dengan modal yang anda miliki berapa keuntungan yang akan didapatkan. usaha jualan pupuk dan pestisida biasanya ramai pada musim tanam bai itu musim tanma padi, jagung, dan palawija lainnya jadi pastikan anda membeli persediaan sebelum musim tanam agar pupuk dan pestisida yang anda beli bisa langsung terjual.

4. Usaha konter pulsa 
 Ya sekarang desa juga sudah semakin maju dan anda bisa membuka konter pulsa dengan menjual berbagai peralatan pendukungnya, seperti aksesoris handphone, jasa cetak poto, pembayaran pln, dan barang lain yang ada hubungannya. ingat jangan hanya menjual pulsa. jika anda menjual barang lain yang berkaitan ini akan sangat menguntungkan. Dalam hal ini pulsa yang di jual di desa bisa lebih mahal dibandingkan jika kita menjual di kota, di daerah desa kita bisa menjual dengan selisih dua ribu dari harga pulsa jadi jika mereka membeli pulsa yang sepuluh ribu anda dapat menjualnya dengan harga 12 ribu.

5. Jadi tengkulak atau bandar hasil tani
jadi bandar hasil pertanian sangat menguntungkan tetapi ingat anda harus memiliki modal yang cukup untuk membeli hasil bumiyang petani jual. Contoh jika anda jadi bandar pala anda dapat membeli dari petani jika harganya murah anda simpan terlebih dahulu pala tersebut kemudian jika harga di kota sudah naik kemudian anda jual ke kota dengan harga yang bagus tentu keuntungannya akan lebih besar. 
Berdasarkan pengalaman yang harus anda perhatikan jika ingin menjadi bandar hasil bumi adalah anda harus memiliki beberapa chanel pembeli di kota karena biasanya pembeli di kota sedikit nakal mereka suka menurunkan harga semaunya. jadi jika anda punya beberapa chanel untuk menjual barang jika satu pembeli membeli murah kita bisa menjual ke pembeli  lain yang harganya lebih bagus.

6. Menjadi peternak
Ada beberapa jenis peluang usaha di desa yang berhubungan dengan ternak anda bisa beternak ayam broiler, ternak kambing, domba ataupun sapi. khusus beternak domba/ kambing / sapi ini cukup mudah dilakukan karena di pedesaan biaanya tanaman yang menjadi pakan masih banyak jadi jika kita memelihara banyak masih bisa dilakukan. Beternak kambing cukup menjanjikan karena harga yang cukup stabil dan untuk menjualnyapun bisa dilakukan setiap minggu anda bisa menjualnya ke pasar hewan ataupun kepada bandar-bandar kecil. 
untuk beternak ayam anda haru memiliki modal belasan juta yang cukup untuk membuat kandang untuk beberapa ribu ekor ayam. Kita bisa memilih jenis ayam apa yang akan kita ternakan apakah ayam petelur, ayam pejantan ataupun ayam broiler. ingat jka modal anda kecil mulailah dari memelihara beberapa puluh atau ratus ekor ayam. Untuk usaha ini jikaharga sedang bagus maka keuntungan ying bisa kita dapatkan akan besar tetapi jika ayam stres banyak yang mati harga murah maka kerugian yang akan kita dapatkan oleh karena itu untuk menjalankan usaha ternak anda harus mengetahuinya terlebih dahulu bisa dengan bertanya kepada peternak lain atau orang yang kompetten di bidang ternak.

Demikian beberapa peluang usaha di desa yang menjanjika dan bisa dilakukan, ingat karakteristik penduduk, kebiasaan dan sumber daya alam suatu desa mempengaruhi akan usaha apa yang cocok dilakukan di daerah pedesaan. Intinya adalah jika anda jeli melihat peluang usaha dan pesaing belum terlalu banya atau bahkan tidak ada maka lakukanlah usaha itu dan pelajari terlebih dahulu caranya maka kesuksesanlah yang akan kita dapat.

image :www.rbmgitasantibangli.or.id

1 komentar

  1. Loans for all kinds of purposes
    We offer the minimum amount of 5,000.00 euro to 10.000,00 euros to 20 million euros
    At a low interest rate of 2% Loan
    Period: up to 25 years depending on the loan amount you need.
    Customers must be
    over 18 years old
    This transaction is 100% secure for all customers
    For more information about credit, please contact us via e-mail:
    (leonardodorafinance@gmail.com)

    BalasHapus